Sunday, June 14, 2015

harta karun ayah

Beberapa hari yang lalu, aku menemukan sebuah harta karun. 
Bukan emas, bukan berlian, bukan juga sihir. Tapi harta karun peninggalan Ayah yang tertimbun oleh puluhan CD di bunderan CD yang disimpan ibu di lemari plastik paling bawah dan ditutupi oleh bunderan CD yang lainnya. Apa harta karun itu? Sekeping compact disk yang berisi kompilasi lagu-lagu Queen yang ayah suka. 
Saat ini aku sedang mendengarkannya, 15 menit menuju tengah malam. Dan sebenarnya rasanya horror sekali karena mendengarkan suara yang yang sudah meninggal dari lagu-lagu yang disukai oleh orang yang sudah meninggal pula.
Waktu itu seharian ayah mendengarkan lagu-lagu Queen sebelum beliau meninggal malamnya jadi Queen sudah menjadi sebagaian dari hidupku. 
Dari kecil aku sudah diperdengarkan lagu Queen. Mulai dari bentuk piringan hitam sampai bentuk MP3. Aku ingat betul sewaktu kecil aku satu-satunya yang mengetahui Queen diantara teman-temanku... bahkan sampai sekarang. Aku iidak akan memungkiri mungkin kemampuan berbahasa Inggrisku juga bermula karena aku sering mendengar lagu-lagu dari Queen. Dan ayahku selalu bilang ketika kecil aku sering meminta untuk lagu "Mama" diputarkan. Mama adalah potongan dari lagu Bohemian Rhapsody (yang kebetulan sedang kudengarkan saat ini dari CD kompilasi yang aku temukan itu). 
Aneh rasanya... untuk menjadi seseorang yang begitu mirip dengan ayahku. Walaupun aku sudah berkelana mengenal musik emo, metal, rock, sampai K-Pop tapi rasanya akarku ada pada Queen sehingga mau bagaimanapun juga aku tetap menyukai musik-musik lawas ini. Lawas sekali sampai orang-orang muda jaman sekarang tidak pernah tahu apa itu Queen. 
Aku sering mengira bahwa aku ini adalah orang yang begitu logis dan tidak memiliki keindahan artistik dan kelembutan di dalam hatiku. Aku selalu mengira kalau aku ini adalah orang yang keras, tidak mengenal hati dan selalu mengutamakan logika. Tapi setelah aku menemukan harta karun ini kurasa aku salah. Aku memiliki hati dan aku memiliki keanggunan artistik itu. Walaupun tidak ekstrem. 
Aku sekarang sedang mengira sesuatu. Kalau aku benar mirip dengan ayah... apakah aku akan berakhir seperti ayah juga?

No comments:

Post a Comment