Sunday, October 21, 2012

Selamat Datang di Kehidupan Baru, Tuan Putri

Semakin bertambah tuanya kamu, maka pengalaman hidupmu harusnya juga lebih banyak, bukan begitu? Jangan pikirkan pengalaman itu semuanya yang indah. Namanya juga pengalaman, tentu saja ada yang pahit.

Aku pernah menonton sebuah acara televisi. Acara itu memberitahuku bahwa seorang Permaisuri Kerajaan di Korea jaman dahulu mengatakan bahwa perkataan orang lain adalah hal yang paling buruk--menyakitkan--dalam kehidupan manusia. Dan serius saja, itu memang benar,

Kalau boleh aku bilang, di dunia--saat ini--tidak semua orang itu suci. Semua orang pasti akan menjadi gunjingan. Jadi aku beri tahu kamu saja bahwa jangan berpikir bahwa kamu itu terlalu baik sehingga tidak mungkin bahwa kau menjadi bahan gunjingan. Bodoh, tentu saja bisa. Kau pikir Cinderella tidak ada yang membenci? Atau Putri Salju? Mereka semua dibenci!

Sebenarnya, apakah kamu selalu menjadi anak nomor satu di keluargamu? Atau karena kamu selalu merasa bahwa teman-temanmu menyayangimu? Mungkin, karena kamu tidak pernah melakukan kesalahan maka kamu merasa kamu selalu benar? Hei, bukankah aku pernah bilang padamu belum tentu kami yang selalu salah!

Kamu seharusnya juga bercermin tentang bagaimana dirimu. Menggunjingkanmu sama saja membantumu untuk memperbaiki diri. Bukankah kita harus terjatuh untuk bisa berdiri? Kita harus merasakan sesuatu menohok rongga dada baru bisa dengan segera merubah sesuatu yang buruk itu.

Yah memang kita tidak bisa selalu memuaskan orang lain. Ada juga sebagian diri kita memang dilahirkan seperti itu adanya. Tapi ayolah, jangan cengeng. Itulah kehidupan! Bersikap dewasalah. Bahkan, kau lebih tua dariku. Kau lebih giat belajar dariku, tapi kenapa kau bersikap begitu kekanakan? Memangnya apa yang kau baca itu? Jangan-jangan kau masih berpikir bahwa hubungan sex hanya dilakukan dengan tidur nyenyak bersebelahan?

Bodoh!

Gadis bodoh!

Kau memang tidak pernah dengar dengan kalimat, "Jika kita melakukan sesuatu maka kita akan merasakan hal yang sama."

Belum pernah?

Kau itu selalu ikut kami untuk menggunjingkan orang lain, bukan begitu? Kau bahkan yang memberitahu kami. Kau bersikap baik dan manis. Tapi itu bukan jaminan bahwa tidak ada orang yang tidak suka padamu. Aku bahkan yakin kok, orang-orang diluar sana ada yang sedang menggunjingkanku sekarang. Dan apa yang aku lakukan? Aku hanya diam saja.

Yang aku permasalahkan hanyalah tentang reaksimu ketika kamu tahu bahwa ada orang lain menggunjingkanmu. Memang apa yang kau harapkan? Tidak ada yang digunjingkan? Bodoh. Benar-benar gadis bodoh.

 Analoginya, kehidupan itu seperti kopi. Semestinya memang pahit. Dan gula itu fantasi, membuat segalanya menjadi manis.

Yang seharusnya kau lakukan sekarang ini adalah bangun dari tidurmu yang lelap putri cantik. Bangunlah dan buka matamu lebar-lebar. Lihatlah dunia ini dari sisi yang berbeda. Jangan lihat kebaikan-kebaikanmu dengan mengatakan bahwa, "Aku tidak pernah merasa berbuat salah sama dia." Kamu saja yang tidak tahu.

Sekali lagi, BANGUN! Jangan cengeng! Hadapi saja kenyataanmu.

No comments:

Post a Comment